photo Nirwana-Bannerm_zpsfb61fe90.jpg

Selasa, Mei 06, 2014
0


HASIL DISKUSI KOMISARIAT
Jenis kaderisasi di suatu daerah harus di bentuk atau di rencanakan berdasarkan 3 hal yaitu :
1.       Tataran Sumber Daya Manusia (SDM)
Sumber daya manusia yang dimaksud adalah mahasiswa yang ada di satu kampus dengan kampus yang lain pasti memiliki sifat, karakter yang berbeda, serta memiliki kemampuan dasar keilmuan yanag berbeda pula. Sehingga pola kaderisasi tidak dapat di pukul rata antara kampus satu dengan kampus lain, bahkan dengan fakultas satu  dengan fakultas lainnya.
2.       Stuktur
Stuktur ini berkaitan dengan peran dan fungsi dari setiap pengurus, stuktur hanya sebagai pelaku dari sistem yang di gunakan.  Maksudnya, sistem yang digunkan berkaitan dengan bagaiman cara.? Seperti apa.? Dengan metode apa yang cocok,.? Dan  struktur yang menjalankanya

3.       Strategi.
Nah, jika sumber daya sudah dapat kita ukur, dan struktur sudah kita bentuk, maka tahap ketiga adalah strategi, strategi menentukan arah kemana kader akan di bawa.
Sedikit catatan,  berbagai  persoalan yang terjadi di wilayah-wilayah, yang  berkaitan dengan kaderisasi yang tidak berpatokan pada 3 hal di atas, sehingga banyak terjadi kesalahan yang mendasar,  contoh ;
·         Subtansi berorganisasi dengan PMII sering menlenceng dari yang seharusnya untuk menditribusikan ideologi  PMII kapada masyarakat justru hanya sebagai media untuk menjadi alat menuju perebutan kekuasaan, bahkan sampai terjadi gesekan-gesekan dalam perebutan kekuasaan (BEM) hanya untuk menujukkan gagah-gagahan baik kepada sesama kader atau kepada kader organisasi ekstra lainya, nah subtansi kaderisaisi PMII bukan seperti itu, melainkan Mendistribusikan Ideologi Pmii Kepada Seluruh Masyarakat  Tanah Air.

Diskusi  di ampu oleh : Mas Dwi (alumni malang)

 Komisariat PK.PMII unisda  09-02-2014

0 komentar:

Posting Komentar