photo Nirwana-Bannerm_zpsfb61fe90.jpg

Minggu, Februari 09, 2014
0
SOSIALISME

Istilah "sosialisme" atau "sosialis" dapat mengacu ke beberapa hal yang berhubungan:ideologi atau kelompok ideologi. sistem ekonomi. negara. Kata ini mulai digunakan paling tidak sejak awal abad ke-19. Dalam bahasa Inggris, pertama digunakan untuk mengacu kepada pengikut Robert Owen pada tahun 1827. Di Prancis, digunakan untuk mengacu pada pengikut doktrin Saint-Simon pada tahun 1832 dan kemudian oleh Pierre Leroux dan J. Regnaud dalam l'Encyclopedie nouvelle.Penggunaan kata sosialisme sering digunakan dalam berbagai konteks yang berbeda oleh berbagai kelompok, namun hampir semua sepakat bahwa istilah ini berawal dari pergolakan kaum buruh industri dan buruh tani pada abad ke-19 dan ke-20, yang berdasarkan prinsip solidaritas dan memperjuangkan masyarakat egalitarian, yang dengan sistem ekonomi, menurut mereka, dapat melayani masyarakat banyak, ketimbang hanya segelintir elite.

Sosialisme Sebagai Ideologi
Menurut penganut Marxisme (terutama Friedrich Engels), model dan gagasan sosialis dapat dirunut hingga ke awal sejarah manusia, sebagai sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial. Pada masa Pencerahan di abad ke-18, para pemikir dan penulis revolusioner seperti Marquis de Condorcet, Voltaire, Rousseau, Diderot, abbe de Mably, dan Morelly mengekspresikan ketidakpuasan berbagai lapisan masyarakat di Perancis.

Cabang Aliran Sosialisme
Sejak abad ke-19, sosialisme telah berkembang ke banyak aliran yang berbeda:
a.       Sosialisme Afrika
b.      Anarkisme, terutama Sosialisme Libertarian
c.        Anarko-Sindikalisme
d.      Sosialisme Arab
e.       Sosialisme Kristen
f.        Komunisme
g.       Sosialisme Demokratik
h.      Sosialisme International
i.         Marxisme
j.         Sindikalisme
k.      Sosialisme Utopia
l.         Marhaenisme





Gerakan sosio-politik maupun intelektual di dalam Marxis-Sosialis dapat dikelompokkan lagi menjadi:
a.       Albanianism
b.      Castroisme
c.        Council communism
d.      Juche
e.       Komunisme Kiri
f.        Leninisme
g.       Maoisme
h.      Marxist humanisme
i.         Stalinisme
j.         Trotskyisme
k.      Situasionisme

Sosialisme Sebagai Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi dalam sosialisme sebenarnya cukup sederhana. Berpijak pada konsep Marx tentang penghapuskan kepimilikan hak pribadi, prinsip ekonomi sosialisme menekankan agar status kepemilikan swasta dihapuskan dalam beberapa komoditi penting dan kepentingan masyarakat banyak, Seperti Air, Listrik, bahan pangan dll.

Kritik dan Debat  Ideologi Sosialisme
Sejumlah pemikir, pakar ekonomi dan sejarah, telah mengemukakan beberapa masalah yang berkaitan dengan teori sosialisme. termasuk di antara mereka adalah antara lain Milton Friedman, Ayn Rand, Ludwig von Mises, Friedrich Hayek, dan Joshua Muravchik.Kritik dan keberatan tentang sosialisme dapat dikelompokkan menjadi kategori, sebagai berikut berikut:
a.       Insentif
b.      Harga
c.        Keuntungan dan kerugian
d.      Hak milik pribadi
Keuntungan dalam Anutan Sosialisme ("Kini" - an), telah dimungkinkan. Berhubungan dalam Keuangan dari Suatu Negara Sosialis. Untuk Transaksi atas Barang, walaupun bukan terhadap Pertanian.

Bahan Diskusi Selanjutnya
a.       Anti Kapitalisme
b.      Neo-Liberalisme








0 komentar:

Posting Komentar