KURIKULUM KADERISASI FORMAL
KURIKULUM MAPABA
No
|
Materi-Materi
MAPABA
|
Status
|
Waktu
|
1
|
Mahasiswa
dan Tanggungjawab Sosial
Memberikan pemahaman mengenai
tanggungjawab sosial, posisi, dan fungsi mahasiswa sebagai kelompok sosial
maupun individu dalam konteks kebangsaan
Membangun kesadaran Mahasiswa
sebagai agens social dan generasi bangsa
(1)
Pengertian Mahasiswa
(2)
Peran dan posisi mahasiswa dalam sejarah Indonesia (1908 s.d. 1998)
(3)
Keberadaan mahasiswa dan tantangannya dalam sistem Ekonomi? Sosial? Politik?
(4)
Nilai penting PMII sebagai wadah pendukung mahasiswa untuk
berprestasi dan ruang kaderisasi pemimpin bangsa kedepan
|
Wajib
|
150 Menit
|
2
|
Keorganisasian
PMII (Ke-PMII-an)
Peserta memahami profil PMII
sebagai organisasi Pergerakan, konstitusi dan tertib administrasi PMII.
Membangun keyakinan anggota
untuk ber PMII
(1)
Sejarah singkat PMII
(2)
Pengertian PMII sebagai organisasi Pergerakan.
(3)
Visi Misi dan AD/ART PMII.
(4)
Struktur dan format organisasi PMII dari Rayon hingga PB
(5)
Arti lambang dan Mars PMII
|
Wajib
|
150 Menit
|
3
|
Kelembagaan
Kopri
Peserta memahami konstruksi
sosial gender dan sistem kelembagaan aktivis perempuan di PMII.
Membangun pribadi anggota
PMII yang sensitive gender dan berpegang teguh pada nilai2 keislaman
(1)
Sejarah dan Sistem kelembagaan Korp PMII Putri (KOPRI) yang diatur
dalam AD/ART dan PO
(2)
Tujuan KOPRI
(3)
Format kaderisasi penunjang (non formal) KOPRI
|
Wajib
|
150 Menit
|
4
|
Nilai
Dasar Pergerakan
Peserta memahami perangkat
nilai dasar yang menjadi pijakan pergerakan PMII.
Membangun keyakinan anggota
terhadap NDP PMII sebagai perangkat nilai ideal dan mendorong pengamalannya
dalam keseharian bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.
Fungsi dan Kedudukan NDP dalam PMII
2.
Rumusan dan Filosofi NDP PMII
3.
Membumikan NDP PMII dalam keseharian bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
Wajib
|
150 Menit
|
5
|
Keislaman
Peserta memahami sistem
pengamalan dan penghayatan ajaran Islam Ahlu
al-Sunnah Wa al-Jama’ah di tengah ruang sosio-kultural Indonesia.
Menanamkan nilai-nilai islam
yang rahmatan lil alamin kepada anggota (yang toleran, moderat,
memperjuangkan keadilan dan mengedepankan musyawarah)
1.
Latar belakang sosio-kultural Islam Indonesia.
2.
Nilai-nilai universal ajaran Islam.
3.
Aqidah Ahlu al-Sunnah Wa
al-Jama’ah sebagai sistem pengamalan dan penghayatan ajaran Islam.
|
Wajib
|
240 Menit
|
6
|
Sejarah
Bangsa Indonesia
Peserta mampu memahami proses
pembentukan negara-bangsa (nation-state)
Indonesia serta posisi Indonesia dalam perkembangan konstalasi internasional.
Meneguhkan semangat
keindonesiaan anggota
1.
Akulturasi nilai (budaya dan agama) diberbagai wilayah di Indonesia
2.
Posisi Indonesia pada masa kolonialisme.
3.
Pengaruh Eropa dan Arab terhadap gagasan negara-bangsa Indonesia.
4.
Pancasila dan Posisi Indonesia di Era Perang Dunia II (1939–1945),
diawal-awal proklamasi kemerdekaan, ancaman agresi militer belanda dan
dinamika Negara baru (1945-1959) dan Perang Dingin (1946 – 1991)
|
Wajib
|
150 Menit
|
7
|
Kajian
Disiplin Ilmu Fakultas/Jurusan
Memberikan support dan
tambahan argumentasi bagi peserta untuk serius dalam menekuni disiplin ilmu
yang dipilih di Perguruan Tinggi.
Membangun keyakinan anggota
bahwa ber PMII akan sinergi dengan prestasi perkuliahan
(1)
Materi Fakultatif (tergantung dari jurusan/fakultas darimana calon
anggota berasal).
(2)
Posisi dan fungsi strategis disiplin ilmu yang bersangkutan dalam
kehidupan kontemporer.
(3)
Posisi dan fungsi strategis disiplin ilmu yang bersangkutan bagi
pergerakan.
|
Wajib
|
150 Menit
|
8
|
MUATAN LOKAL – Sejarah PMII Lokal
Peserta memahami peran dan
peristiwa penting PMII di lingkungan Cabang, Komisariat dan Rayon setempat.
Membangun keyakinan anggota
bahwa ber PMII = bersilaturahim dan menjadi keluarga besar PMII di rayon,
komisariat, cabang hingga tingkat nasional
1.
Proses kelahiran dan perkembangan PMII setempat.
2.
Peranan dan aktivitas PMII di lingkungan kampus dan masyarakat
setempat.
3.
Tokoh-tokoh PMII setempat dan peran strategis mereka.
4.
Pokok bahasan lain yang dipandang relevan.
|
Wajib
|
150 Menit
|
9
|
Antropologi
Kampus
a. Tujuan
Peserta memahami dinamika
akademik kampus dan PMII di lingkungan kampus.
b. Target
Membangun keyakinan peserta,
bahwa ber PMII = menjadi insan akademik, tokoh intelektual
c. Pokok Bahasan
1.
Pemetaan dinamika keorganisasian di kampus
2.
Pemetaan potensi dan penguasaan organisasi intrakampus
3.
Pokok bahasan lain yang dipandang relevan.
|
Pilihan
|
150 Menit
|
10
|
General
Review, RTL dan Konseling
Tujuan
Meninjau ulang keseluruhan materi yang telah disampaikan dalam
MAPABA dan mengamati pemahaman peserta terhadap materi secara umum, serta
merancang kegiatan-kegiatan tindak lanjut (follow up) yang bersifat small
group, large group, maupun individual.
|
Wajib
|
150 Menit
|
KURIKULUM PKD
No
|
Materi-Materi PKD
|
Status
|
Waktu
|
1.
|
Aswaja Sebagai
Manhaj Al-Fikr wal Harokah
a. Tujuan
Peserta memahami sejarah
munculnya ASWAJA dan menempatkan ASWAJA sebagai metodologi berpikir dan
bergerak untuk memperjuangkan ajaran Islam yang benar. Dengan materi ini
peserta juga diharapkan mampu menjalankan amaliyah keagamaan yang sesuai
dengan ajaran ASWAJA.
b. Target
Meyakini aswaja sebagai
doktrin dalam berpikir dan bergerak memperjuangkan islam yang rahmatan lil
alamin.
c. Pokok Bahasan
1)
Latar belakang sosio-politik dan sosio-kultural kemunculan Ahlu
al-Sunnah Wa al-Jama’ah dan proses pelembagaan madzhab.
2)
Ahlu al-Sunnah Wa al-Jama’ah sebagai doktrin.
a.
Sanat keislaman dalam ajaran yang benar, yang dijalankan oleh
Rosululloh SAW dan para Sahabat, Tabiin, Tabiin-tabiin, ulama, dst.
b.
PMII sebagai organisasi pewaris otoritas sanat ajaran islam yang
benar, didirikan oleh ulama dan mendapatkan mandate untuk memperjuangkan
islam ASWAJA dikampus
3)
Ahlu al-Sunnah Wa al-Jama’ah sebagai Manhaj al-Fikr (metode pikir)
dan sebagai Manhaj Al-Harokah (metode gerak)
a.
Memahami dan melanjutkan perjuangan para ulama dalam berdakwah dan
menyikapi permasalahan bangsa
b.
Menjadi tauladan dalam spiritualitas, intelektualitas, dan dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Wajib
|
150 Menit
|
2.
|
Strategi
Pengembangan PMII
a. Tujuan
Peserta mampu memahami strategi pengembangan organisasi PMII di
lingkungan kampus dan di tengah masyarakat.
b. Target
Membentuk kader yang siap
berjihad mengembangkan PMII dikampus-kampus
c. Pokok Bahasan
1.
Memahami lingkungan organisasi PMII (masjid, kampus dan pesantren)
2.
Strategi gerakan PMII (kuasai masjid kampus, kuasai lembaga
intrakampus dan sinergi dengan pesantren dan alumni pesantren dalam
memaksimalkan rekruitmen anggota.
3.
Menghidupkan aktivitas keagamaan dikampus – pengajian dan majelis2
4.
Menghidupkan aktivitas intelektual dikampus – forum kajian dan
lembaga pers mahasiswa
5.
Menghidupkan aktivitas pengabdian masyarakat dilingkungan kampus dan
sekitar kampus – berjejaring dengan pemuda RT/RW/kelurahan dan tokoh agama
sekitar kampus
6.
Menghidupkan aktivitas berbasis hobi, minat dan bakat mahasiswa
|
Wajib
|
150 Menit
|
3.
|
Antropologi dan
Pengorganisiran
Kampus
a. Tujuan
Peserta mampu memahami kampus sebagai medan strategis yang menjadi
perebutan kelompok-kelompok politik dan ideologis.
b. Target
Membentuk kader yang siap
berjihad mengembangkan PMII dikampus-kampus dan mampu melakukan
pengorganisiran kekuatan kampus.
c. Pokok Bahasan
1.
Ilmu bumi kampus
2.
Kampus sebagai institusi strategis saat ini dan masa depan
3.
Strategi menggalang kekuatan di dalam kampus
4.
Prinsip-prinsip dan teknik melakukan pengorganisiran kampus
|
Wajib
|
150 Menit
|
4.
|
Pengelolaan Opini
dan Gerakan Massa
a. Tujuan
Peserta memahami nilai strategis opini dan gerakan massa bagi misi
perjuangan PMII.
b. Target
Membentuk kader yang cerdas
memahami opini kontemporer dan membangun gerakan
c. Pokok Bahasan
1.
Pola hubungan antara opini serta isu dengan sikap dan perilaku massa
2.
Opini dan mobilisasi massa sebagai bagian dari metode perjuangan
3.
Strategi dan teknik mengelola opini dan propaganda ke basis massa
4.
Strategi dan teknik menggalang massa dan menggerakkannya untuk
sebuah misi pergerakan
|
Pilihan
|
150 Menit
|
5.
|
Paradigma PMII
a. Tujuan
Peserta memahami dan menginternalisasi cara pandang PMII dalam
melihat kenyataan atau medan gerak yang dihadapi dan mampu memposisikan diri
berada dalam sebuah medan gerak, menemukan fungsi dari posisi tersebut untuk
menjalankan missi pergerakan.
b. Target
Membentuk kader yang matang
memahami dinamika yang berkembang dilingkungan kampus, masyarakat dan bangsa
dengan basis paradigm PMII
c. Pokok Bahasan
1.
Pengertian Paradigma dan pilihan paradigmatik PMII
2.
Kenyataan masyarakat sebagai basis paradigm
3.
Paradigma sebagai salah satu landasan strategi dan taktik gerakan
|
Wajib
|
240 Menit
|
6.
|
Analisis Sosial
a. Tujuan
Peserta memiliki perangkat konseptual untuk memahami dinamika
masyarakat di tingkat lokal, nasional dan global.
b. Target
Membentuk kader yang matang
memahami dinamika yang berkembang dilingkungan kampus, masyarakat dan bangsa
c. Pokok Bahasan
1.
Kenyataan sosial sebagai medan gerakan PMII
2.
Prinsip-prinsip dan model analisis social
|
Pilihan
|
150 Menit
|
7.
|
Analisis Wacana
a. Tujuan
Peserta memahami fungsi strategis wacana bagi missi pergerakan dan mampu
menempatkan wacana sebagai bagian dari strategi dan taktik gerakan.
b. Target
Membentuk kader yang matang
memahami dinamika wacana yang berkembang, baik dilingkungan kampus,
masyarakat dan bangsa maupun wacana internasional.
c. Pokok Bahasan
1.
Pengertian teoritik dan konseptual wacana
2.
Prinsip dan metode analisis wacana
3.
Menganalisis kepentingan di balik wacana
4.
Wacana sebagai alat bagi missi pergerakan
|
Pilihan
|
150 Menit
|
8.
|
Nahdhotun
Nisa
a.
Tujuan
Peserta memahami konsep
tauhid dalam islam sebagai basis trasformasi menuju keadilan sosial dan keadilan
gender.
b.
Target
Membangun
semangat gerakan perempuan yang islami.
c.
Pokok bahasan
1.
Islam mengakui eksistensi kaum perempuan sebagai manusia
2.
Islam mengakui hak perempuan sama dengan hak laki2 dalam hal
pengabdian kepada agama, nusa, dan bangsa
3.
Islam mengakui adanya perbedaan fungsi antara laki2 dan perempuan yang
disebabkan perbedaan kodrati
4.
Ajaran islam menempatkan perempuan pada posisi yang setara dengan
laki2 dalam realitasnya mengalami distorsi akibat pengaruh kondisi sosial dan
budaya
5.
Peran domestic perempuan merupakan amanah dalam ajaran Islam
|
Wajib
|
150 Menit
|
9.
|
Studi Advokasi dan
Pendampingan Masyarakat
a. Tujuan
Peserta memahami proses penyusunan kebijakan, ragam kebijakan dan
besaran alokasi anggaran dalam program-program pemerintah dan mampu mengambil
posisi terhadap kebijakan-kebijakan tersebut dalam advokasi dan pendamping-an
masyarakat.
b. Target
Membentuk kader yang militan
dan peka terhadap kebijakan pemerintah dan kebutuhan masyarakat
c. Pokok Bahasan
1.
Pengertian advokasi
2.
Proses serta mekanisme penyusunan kebijakan dan pengalokasian anggaran
dalam setiap kebijakan
3. Advokasi dan pendampingan
masyarakat sebagai salah satu bentuk strategi pergerakan
|
Wajib
|
150 Menit
|
10.
|
Peta Gerakan Islam di
Indonesia
a. Tujuan
Peserta memahami dinamika dan pertarungan
ideology gerakan islam di Indonesia .
b. Target
Membentuk kader yang militan
dan peka terhadap modus gerakan fundamentalisme dan radikalisme islam yang
tidak sesuai dengan ajaran ahlussunnah wal jamaah.
c. Pokok Bahasan
1.
Sejarah masuk dan berkembangnya ajaran islam di nusantara
2.
Sejarah lahirnya ormas-ormas islam di Indonesia, isu dan agenda
perjuangan dari masing-masing ormas tersebut
3.
Perkembangan ajaran dan gerakan ormas-ormas islam
4.
Pemetaan kawan dan lawan sesuai dengan ajaran ASWAJA, Pancasila dan
NKRI
|
Wajib
|
150 Menit
|
11.
|
Teknik
Lobi dan Membangun Jaringan
a.
Tujuan
Peserta memiliki
perspektif human relation dari yang
bersifat kenal-emosional semata, menjadi hubungan strategis dalam konteks
pergerakandan mampu meletakkan agenda pergerakan dalam berjejaring.
b.
Target
Membentuk kader yang
ahli berdiplomasi dan bernegosiasi
c.
Pokok Bahasan
1.
Nilai strategis jaringan sebagai perangkat gerakan
2.
Teknik lobby dan strategi berjejaring
3.
Menempatkan missi gerakan dalam lobby dan berjejaring
|
Pilihan
|
150 Menit
|
12.
|
General Review, RTL
dan Konseling
a.
Tujuan
Meninjau ulang keseluruhan materi yang telah
disampaikan dalam PKD dan mengamati pemahaman peserta terhadap materi secara
umum, serta merancang kegiatan-kegiatan tindak lanjut (follow up) yang bersifat small
group, large group, maupun
individual.
b. Target
Mendisiplinkan kaderisasi dalam followup dan
penugasan kader
c. Pokok Bahasan
1.
Memadukan
kesimpulan-kesimpulan bersama yang telah disusun di setiap akhir sesi.
2.
Pemahaman peserta terhadap
materi-materi PKD secara umum
3.
Merancang kegiatan
tindak lanjut (Follow up)
4.
Penugasan peserta untuk
mendapatkan sertifikat PKD
a. Melakukan rekruitmen anggota baru minimal 2 orang di rayon/komisariat yang minim PMII nya
b. Menggerakan
Rayon/Komisariat/cabang asal, sendiri atau bersama peserta PKD lainnya, untuk
melaksanakan MAPABA
c. Membuat laporan
rekruitmen dan pelaksanaan MAPABA tersebut kepada penyelenggara PKD
d. Sertifikat PKD
ditandatangani mengetahui oleh struktur diatas penyelenggara (jika
diselenggarakan PK, mengetahui PC. Jika diselenggarakan PC, mengetahui PKC)
|
Wajib
|
150 Menit
|
KURIKULUM PKL
No
|
Materi-Materi PKL
|
STATUS
|
Waktu
|
1
|
PMII
Perspektif Ideologi dan Organisasi
a. Tujuan
Peserta mampu memahami fungsi ideologi organisasi dalam gerakan
PMII.
b. Target
Membentuk kader yang
ideologis, memahami dinamika organisasi dan menjadi solusi dari permasalahan
yang ada
c. Pokok Bahasan
1)
Pengertian-pengertian ideologi secara teoritik dan konseptual
2)
Pengertian konsep ideologi Aswaja
3)
Garis perjuangan Aswaja
4)
Refleksi keorganisasian
5)
Skema gerakan organisasi PMII menjawab tantangan zaman
|
Wajib
|
150 Menit
|
2
|
PMII
Perspektif Kepemimpinan dan Strategi
Gerakan
a. Tujuan
Peserta mampu memahami secara utuh strategi kepemimpinan gerakan
PMII dalam jangka pendek dan jangka panjang.
b. Target
Membentuk kader ahli strategi
dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang handal.
c. Pokok Bahasan
2.
Strategi dan taktik pergerakan untuk mencapai misi PMII
3.
Perangkat pengetahuan dan ketrampilan kader yang
dibutuhkan dalam menjalankan
strategi dan taktik pergerakan
|
Wajib
|
150 Menit
|
3
|
Panel
Materi Ke-PMII-an
a. Tujuan
Peserta mampu memahami secara utuh PMII dipandang dari seluruh
perspektif dan mampu merekonstruksi gerakan PMII baik di tingkat pengetahuan
maupun tingkat ketrampilan.
b. Pokok Bahasan
1.
Kesimpulan-kesimpulan penting di tiap materi Ke-PMII-an
2.
Relasi ideologi organisasi, terhadap kualitas kepemimpinan, dan
strategi-taktik pergerakan
|
FGD
|
150 Menit
|
4
|
NU
dan Peta Gerakan Islam
a. Tujuan
Peserta mampu melihat peta pemikiran dan gerakan Islam di tingkat
nasional dan internasional, mengetahui positioning
NU dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta mampu memposisikan gerakan
PMII dalam peta tersebut.
b. Target
Membentuk kader yang paham
peta dan mewarnai pergerakan
c. Pokok Bahasan
1.
Pemikiran dan gerakan Islam di Indonesia dalam sejarah dan masa
sekarang
2.
Relasi pemikiran dan gerakan Islam di Indonesia dengan pemikiran dan
gerakan Islam internasional
3.
Sejarah dan dinamika NU sebagai organisasi sosial-keagamaan dan
kultur politik
4.
Posisi gerakan PMII di antara gerakan Islam di Indonesia
|
Wajib
|
150 Menit
|
5
|
Pancasila
dan Sistem Politik Indonesia
a. Tujuan
Peserta
mampu memahami dan mengimplementasikan nilai2 pancasila sebagai falsafah
bangsa dan asas organisasi. Peserta mampu memahami system politik di
Indonesia.
b. Target
Membentuk kader yang
paham ideology bangsa
b. Pokok Bahasan
1. Sejarah
Pancasila dalam konteks nasional dan geopolitik global (1940an)
2. Nilai-nilai
Islam Ahlussunnah Wal Jamaah dalam rumusan pancasila
3. Pancasila
sebagai “ide” dan pandangan hidup berbangsa dan bernegara yang dianggap final
bagi NU
4. Dinamika
dan perkembangan pancasila sebagai landasan politik di era orde lama, orde
baru, dan orde reformasi
|
Wajib
|
150 Menit
|
6
|
Geopolitik, Geoekonomi dan geostrategic
a. Tujuan
Peserta mampu menangkap nilai strategis letak geografis Indonesia
dalam bidang politik dan ekonomi baik di tingkat lokal, nasional maupun
internasional.
b. Target
Membentuk kader yang paham
membaca peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi nasional dan internasional strategis
yang menuntut sikap organisasi.
c. Pokok Bahasan
1.
Tahap-tahap perkembangan Sistem Dunia (world system)
2.
Teori dependensia dan interdependensia
3.
Posisi Indonesia secara geopolitik, geoekonomi dan geostrategi
selama Perang Dingin dan Era Neoliberal
4.
Misi gerakan dalam kenyataan geopolitik dan geoekonomi kontemporer
5.
Kualitas-kualitas kader pergerakan yang dibutuhkan dalam kenyataan
geopolitik dan geoekonomi
|
Wajib
|
150 Menit
|
7
|
Antropologi
Masyarakat Indonesia
a. Tujuan
Peserta mampu menangkap watak, nalar dan pola perilaku masyarakat
Indonesia, mampu memahami karakteristik masyarakat dimana gerakan PMII berada
dan mampu menangkap energi gerak dan perubahan dari kenyataan sejarah
masyarakat Indonesia.
b. Target
Membentuk kader yang mampu
berakulturasi dengan budaya dan kebiasaan masyarakat dengan tetap memegang
prinsip keislaman.
c. Pokok Bahasan
1.
Warisan Nusantara-Kerajaan dalam nalar, watak dan pola Perilaku masyarakat
Indonesia
2.
Warisan kolonialisme dalam nalar, watak dan pola perilaku masyarakat
Indonesia
3.
Watak, nalar dan perilaku masyarakat lokal (sesuai sejarah lokal
dimana PKL diselenggarakan)
4.
Pola gerakan-gerakan sosial di Indonesia dan dunia
5.
Pengaruh kolonialisme dan masa Perang Dingin dalam pembentukan
logika dikotomi nalar gerakan sosial di Indonesia
6.
Ruang strategis gerakan PMII dalam kenyataan sejarah masyarakat
Indonesia
|
Wajib
|
150 Menit
|
8
|
Kajian
Pembangunan Berbasis Maritim
a. Tujuan
Peserta mampu menangkap kekuatan dan potensi Indonesia sebagai
negeri maritim yang belum optimal dimanfaatkan.
b. Target
Membentuk kader yang memiliki
perspektif pembangunan maritim
c. Pokok Bahasan
1.
Sejarah Nusantara sebagai negeri maritim
2.
Study komparasi Negara-negara berbasis maritime
3.
Hukum laut dan pengelolaan sumber daya laut di kawasan ZEE dan laut
lepas
4.
Kekuatan dan potensi negeri maritime
5.
Desain pembangunan nasional berbasis maritime
|
Pilihan
|
150 Menit
|
9
|
Panel
Materi Keindonesiaan
a. Tujuan
Peserta memahami kenyataan dan dinamika masyarakat Indonesia sebagai
medan gerak PMII.
b. Target
Membentuk kader yang
nasionalis religius
c. Pokok Bahasan
1.
Dinamika dan realitas masyarakat Indonesia
2.
Posisi dan fungsi gerakan PMII dalam kenyataan masyarakat Indonesia
3.
Kualitas-kualitas kader yang dibutuhkan dalam menjawab kebutuhan
bangsa dan Negara di era globalisasi
|
FGD
|
150 Menit
|
10
|
Analisis Korporasi
dan Ideology Media
a.
Tujuan
Peserta mampu menganalisis kepentingan koorporasi didalam membentuk
opini public melalui media massa.
b. Target
Membentuk kader yang mampu memetakan
ideology, actor dan kepentingan media dalam melakukan pertarungan wacana
publik.
c. Pokok Bahasan
1.
Ideology media
2.
Konstruksi kepentingan koorporasi dan isu dalam media
3.
Teknik analisis media dan strategi pengemasan isu
4.
Nilai strategis media sebagai ruang gerakan
|
Wajib
|
150 Menit
|
11
|
Community
Organizing
a. Tujuan
Peserta memahami nilai strategis pengorganisiran masyarakat dalam
konteks pergerakan.
b. Target
Membentuk kader yang mampu melakukan
pengorganisasian masyarakat.
c. Pokok Bahasan
|
Pilihan
|
150 Menit
|
12
|
Manajemen Aset
Daerah
a. Tujuan
Peserta memahami teori dan konsep manajemen aset daerah. Selanjutnya
peserta diharapkan mampu memetakan aset-aset daerah yang ada dan menempatkan
diri sebagai monitor terhadap pengelolaan aset daerah.
b. Target
Membentuk kader yang kritis dalam
membantu kinerja daerah mengelola asset daerah untuk kepentingan masyarakat
c. Pokok Bahasan
1.
Pengertian manajemen aset daerah
2.
Pemetaan aset-aset daerah
3.
Posisi dan peran PMII dalam mengawasi pengelolaan aset daerah
4.
Langkah-langkah kaderisasi PMII di ruang publik dalam merebut asset
daerah untuk kepentingan masyarakat
|
Pilihan
|
150 Menit
|
13
|
Manajemen
Komunikasi dan Informasi/Pengantar Ilmu Intelejen
a. Tujuan
Peserta memahami teori dan teknik pengelolaan informasi, cara
berkomunikasi, dan intelejen sebagai pengetahuan.
b. Target
Membentuk
kader yang mampu mengelola informasi dan opini juga dapat berkomunikasi secara
efektif
c. Pokok Bahasan
1.
Teknik pengumpulan data atau informasi
2.
Teknik mengolah informasi melalui evaluasi, analisis, korelasi,
penafsiran, dan penggunaan
3.
Model-model komunikasi publik atau massa
4.
Teknik dasar melakukan propaganda dan counter opini dan informasi
yang mengganggu kepentingan PMII
5.
Intelejen sebagai pengetahuan
|
Pilihan
|
150 Menit
|
14
|
General
Review, RTL dan Konseling
a. Tujuan
Meninjau ulang keseluruhan materi yang telah disampaikan dalam PKL
dan mengamati pemahaman peserta terhadap materi secara umum, serta merancang
kegiatan-kegiatan tindak lanjut (follow
up) yang bersifat small group, large group, maupun individual.
b. Target
Mendisiplinkan
kaderisasi dalam followup dan penugasan kader
c. Pokok Bahasan
1)
Memadukan kesimpulan-kesimpulan bersama yang telah disusun di setiap
akhir sesi.
2)
Pemahaman peserta terhadap materi-materi PKL secara umum.
3)
Merancang kegiatan tindak lanjut (Follow up).
4)
Penugasan peserta untuk mendapatkan sertifikat PKL
a.
Melakukan rekruitmen anggota baru minimal 10
orang di rayon/komisariat/cabang yang minim PMII nya
b.
Menggerakan Rayon/Komisariat/cabang asal, sendiri atau bersama peserta
PKL lainnya, untuk melaksanakan MAPABA
c.
Membuat laporan rekruitmen dan pelaksanaan MAPABA tersebut kepada
penyelenggara PKL
d.
Format Sertifikat PKL ditandatangani mengetahui oleh PB (baik
diselenggarakan oleh PC maupun PKC, mengetahui PB)
|
Wajib
|
150 Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar