Senin, 26 Mei 2014

Pemuda Muhammadiyah Luruk Kantor Dinas Pendidikan Lamongan

Cyber Komunis Lamongan: Lamongan – Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan akhir-akhir ini kerap didatangi para demonstran, mereka terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Hari ini, Kamis (22/05), Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan kembali digeruduk massa yang mengatas namakan Pemuda Muhammadiyah (PM) Kabupaten Lamongan.

Belasan pemuda PM bersama LSM Brandal dan LSM Penjara menginginkan agar skandal kebocoran soal yang terjadi di Kabupaten Lamongan ini bisa segera terbongkar. Mereka juga menyebutkan bahwa Kepala Dinas Pendidikan, Agus Suyanto, adalah aktor intelektual yang harus bertanggung jawab atas terjadinya praktek kejahatan massal tersebut.

Koordinator aksi, Yusuf saat orasi menuntut agar kepala Dinas Pendidikan ikut bertanggung jawab dalam kasus itu. “Agus Suyanto adalah aktor intelektual dari aksi kejahatan pendidikan yang ada di Lamongan, dan dia yang harus bertanggung jawab,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar pihak kepolisian juga ikut bertanggung jawab dalam kasus tersebut oknum kepolisian yang selaku penjaga naskah soal UN. “Oknum anggota polisi juga harus bertanggung jawab karena bukan hanya kepala sekolah yang jadi aktor dalam kasus pencurian soal UN tapi pihak kepolisian yang lalai dalam menjaga dokumen rahasisa tersebut juga harus bertanggung jawab,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Yusuf dalam orasinya juga menuding bahwa guru di Lamongan telah memberikan contoh buruk kepada anak didik dengan melakukan pencurian soal Ujian Nasional (UN).

“Guru di Lamongan sudah merusak citra sebagai pendidik. Mereka melakukan pencurian,” teriaknya.

Selain kasus bocornya soal UN, maraknya video mesum yang beredar di kalangan siswa-siswi di Kabupaten Lamongan juga harus menjadi tanggung jawab kepala dinas. Mereka menyebut Kepala Dinas Pendidikan tidak pecus dalam menangani problematika pendidikan di kota soto.

“Agus Suyanto harus mundur dari kepala dinas pendidikan kabupaten lamongan karena ketidak pecusannya dalam memimpin,” tambahnya.

Namun di sisi lain, aksi yang digerakan oleh Pemuda Muhammadiyah itu terkesan sangat brutal dan jalanan karena dalam penyampaian aspirasinya, salah satu peserta aksi ada yang selalu mengunakan kata-kata kotor sehingga tak layak didengar oleh khalayak umum.

Parahnya lagi, Sulistyo, salah satu orator sempat menyuruh penghentian kegiatan perlombaan Tilawatil Quran yang diselenggarakan oleh dinas tersebut. “Kalau lomba ini hanya untuk merebut hadiah, hentikan saja lomba tilawatil ini, karena tidak akan mendapat pahala,” teriaknya saat berorasi. (ding)

Jumat, 16 Mei 2014

Jerit Alamku

Jerit Alamku

Seperti ujung sabit
Diderapun tetap menelusup disetiap sela
Bumiku keronta dan terlunta
Secangkir embun diteguk dusta
Semusim semi daunpun gugur

Teriakan putih di sekelebat nafsu
Dinding retak mencabar duka
Parau kau ucapkan
Sumbang kau lantunkan
Pembual berkedok mantra

Sayu kulihat sekeliling
Pucat kuraba kening
Lontarkan buih janji
Sampai detik meniti
Tak sedikit yang ditepati

Tengok sampah desa
Tengok kaki jalan
Terlunta di kecam alam
Titikpun tak seterang  janji
Bualan suara petinggi alam


Oleh : ghoffar Shiddiq Cahyono.

Cerpen: KETABAHAN HATI ZAKIYA

KETABAHAN HATI ZAKIYA
Cerpen karya Maratul Mahmudah*

Tut tut tut... suara telfon yang usai. Tiba-tiba hanphone pink Zakiya lepas dari genggamannya. Dia terduduk tak berdaya, dan butiran bening itu mengalir membasahi pipi lembutnya yang merah merona. “kamu kenapa zakiya? Kenapa kamu menangis?” zakiya tidak menghiraukan pertanya’an fara dia tetap menangis dan terlihat sangat sedih. “Zakiya... ada apa?” zakiya tetap tidak menghiraukan fara, dia berlalu pergi. Terlihat handphone zakiya tergeletak di lantai, fara mengambilnya dan melihat, barangkali ada hal yang berhubungan dengan menangisnya zakiya. Di handphone itu terlihat ada panggilan masuk atas nama Arsyil. “Arsyil? Kenapa zakiya menangis setelah menerima telephone dari Arsyil?” lalu fara mencoba membuka pesan masuk di handphone zakiya, ternyata isi kotak masuk dipenuhi nama Arsyil. Fara semakin heran, ada hubungan apa antara Arsyil dengan Zakiya. Di sms itu terlihat Arsyil dan Zakiya sedang bertengkar, dan mereka saling mengungkit cinta.
Zakiya yang berlari keluar dari tempat kos-nya, dia berhenti disebuah taman. Dia duduk diatas  kursi taman yang kebetulan kosong. Sore itu taman dalam keadaan sepi. “Kamu memang pemain cinta Arsyil...” teriak zakiya kesal.”sejak dulu aku menyayangimu, bahkan sampai sekarang. Tapi aku tidak berani mengatakannya, dan aku tidak menghiraukan rasa ini. Aku mencoba lupakanmu dengan menjalin hubungan bersama Andi, sampai aku mulai menyayangi andi, kamu datang dan membawa cinta. Tak pernah sedikitpun aku berfikir kamu akan mencintaiku. Karena selama kita SMA , kamu tidak pernah bersikap manis denganku, kamu selalu mengejekku, mengkritik bahkan tak jarang kamu mengajakku berdebat. Tapi anehnya, aku tak pernah benci atau dendam padamu. Aku tetap memperhatikanmu, aku tetap menghawatirkanmu bahkan aku tetap menganggapmu sahabatku. Aku sadar, dibalik sikap burukmu itu, kamu temanku yang baik. Sikapmu yang kasar itu tidak pernah melukaiku, tapi malah selalu memotifasiku. Aku selalu tersenyum dengan ejekan-ejekanmu. Aku selalu rindu hina’anmu. Tak kusangka, selama ini kau juga punya rasa padaku, kau menyuruhku menganggap semua ejekan,kritikan dan perdebatan kita itu bukti perhatianmu. Tapi kamu datang terlambat Arsyil.. Andi sangat menyayangiku, aku tak mampu mengecewakannya.. dia terlanjur menganggapku juga menyayanginya. Dan nisa.. nisa juga menyayangimu, dia merasa kalau kamu juga menyayanginya.. kenapa kita harus terjebak dalam cinta segi empat ini Arsyil??” Tak lama, Fara datang menghampiri zakiya, fara bersanding dengan zakiya. Zakiya memalingkan wajahnya, dia tak mau sahabatnya itu melihat linangan deras air matanya yang membasahi pipinya. Fara meraih wajah zakiya tepat didepan wajahnya, mata mereka saling menatap, akan tetapi zakiya mencoba berpaling. “Zakiya... ceritakan semuanya padaku, sahabatmu ini akan selalu siap mendengarkan ceritamu, bagilah dukamu itu padaku, agar kamu merasa lebih baik”  “tidak  fara, aku tak mau membebanimu, biarlah luka ini aku sendiri yang menanggungnya” “jangan kamu bersikap seperti itu sahabatku, aku sakit melihatmu seperti ini”
“aku harus bagaimana fara.. ternyata arsyil juga mencintaiku, tapi aku sudah terlanjur memberi harapanku pada Andi, aku tak bisa jika harus mengecewakan orang yang mencintaiku. Begitu juga dengan Arsyil, dia juga sudah terlanjur memberi harapannya pada nisa.. hatiku sakit, saat aku melihat nisa bersama Arsyil. Dan tadi, Arsyil dengan mudahnya menyuruhku melupakannya”. “zakiya, aku mengerti dengan perasaanmu saat ini, aku tahu kamu kecewa.. tapi cobalah kamu berfikir. Ini cobaan dari Allah, kamu harus sabar dan tabah. Ini cobaan untuk cinta kalian, pasrahkan segalanya kepada Allah. Percayalah, Allah tidak pernah memberi ujian kepada hambanya melebihi batas kemampuannya. Semuanya itu akan indah pada waktunya” Fara mengusap air mata zakiya, mereka saling berbalas senyuman. “trimakasih fara, kata-katamu telah menyejukkan hatiku. Benar katamu tadi, aku pasrahkan segalanya kepada-Mu Ya Allah.. ” “kalau begitu, hari sudah semakin larut.. sebaiknya kita kembali ke kamar kost kita” “baiklah fara”
“Ya Rabbi.... dalam sujudku aku bersimpuh, dalam do’aku aku memohon. Berikanlah hamba kekuatan untuk menghadapi semua ini, berikanlah hamba kesabaran untuk melalui coba’anMu. Jika memang Arsyil tercipta untuk hamba, hamba yakin cepat atau lambat kita akan bertemu. Dan jika ternyata Andi adalah jodohku, aku ikhlash Ya Rabb.. aku percaya, Andi memang yang terbaik untukku. Hamba Pasrahkan segalanya Kepada-Mu. Amin ya Robbal alamin” dalam do’a zakiya, dia melelehkan butiran air matanya. dia membaca ayat-ayat indah Allah. Semua itu lebih membuat hati zakiya semakin tenang. 
Tok tok tok.. “Assalamu’alaikum” Fara membukakan pintu. “Wa’alaikum salam.. Andi? Oh ya silahkan masuk, kamu mencari zakiya ya..”. “iya fara, dapatkah aku bertemu dengannya?” “tentu Andi, tunggulah sebentar, aku akan memangilnya untukmu” “trimaksih banyak fara”.
“zakiya, Andi ingin bertemu denganmu”. “tapi fara, aku dalam keadaan seperti ini, tidak mungkin aku menemuinya. Pasti dia akan banyak bertanya padaku” “sudahlah zakiya, sudah cukup kamu menyembunyikan lukamu ini, sudah saatnya Andi tahu, katakan padanya tentang kebenaran ini. Katakan zakiya, walaupun itu menyakitkan” “tapi fara, bagaimana kalau andi kecewa?” “zakiya, lebih baik andi kecewa sekarang daripada kamu terus-terusan menyembunyikan kebenaran darinya”. “baiklah sahabatku, aku akan berkata jujur padanya. Terimaksih, karena kamu selalu menjadi sahabat terbaikku”. “sudah sepantasnya aku seperti itu padamu sahabatku”.
Zakiya, keluar menemui Andi. Dia mencoba menampakkan senyumannya, menutupi luka hatinya. “Andi, maaf jika lama menunggu” “tidak apa zakiya, aku bisa memakluminya” “oh ya, ada perlu apa kamu ingin bertemu denganku?” “begini, kurasa jangan terlalu lama kita bersama tanpa ikatan yang tak pasti seperti ini, sangat tidak baik zakiya.. hanya akan menambah dosa kita. Saya bemaksud melamarmu” Pyarrrr......... bagai hancur luluh lantang hati zakiya, air matanya turun dengan tiba-tiba, dia tak bisa menahannya lagi. “kamu akan melamarku andi,,Benarkah?” dia mencoba tersenyum, dia berpura-pura menangis bahagia. “benar zakiya, apa kau bersedia?”. “Ya Allah... kenapa bukan Arsyil yang dihadapanku sa’at ini? Aku harus bagaimana Ya Rabb” rintih zakiya dalam hatinya. “zakiya? Kau baik-baik saja?” “tentu Andi, aku baik-baik saja. emm... bisakah kamu memberiku waktu?”. “tentu saja zakiya, aku akan menunggumu. Berapa lama waktu yang kamu butuhkan?. “3 hari, bolehkah?” “baiklah zakiya. Kalau begitu aku rasa cukup itu yang aku sampaikan kepadamu. Aku rasa sebaiknya aku pulang sekarang”. “baiklah Andi, trimakasih atas pengertianmu”. “sama-sama zakiya. Sampaikan salamku pada fara. Assalamualaikum”. “Waalaikumsalam”.
Dan akhirnya hari itu datang juga, zakiya memutuskan untuk bersedia menikah dengan Andi, dia berharap dia akan bahagia bersama andi. Hari ini, banyak tamu yang di undang, apalagi dari kalangan dokter, itu tidak menutup kemungkinan, karena Andi memang seorang dokter. 1 minggu dari prosesi lamaran, pernikahan mereka dilangsungkan.
“apa kamu bahagia zakiya?” tanya fara sahabatnya. “aku akan bahagia jika memang ini takdir Allah sahabatku....”.”tapi, bagaimana dengan Arsyil.. bukankah kamu mencintainya?”. “aku memang mencintai Arsyil, akan tetapi Andi adalah orang yang menyayangiku, aku tidak mau andi merasakan apa yang telah aku rasakan. Dan aku rasa, Arsyil akan bahagia bersama nisa.. nisa sangat menyayanginya. Cinta itu tak harus selalu memiliki sahabatku”. “baiklah zakiya, jika memang ini keputusanmu. Semoga kamu bahagia”. “Aminn,, trimakasih atas doanya fara”.”sekarang, waktunya kamu keluar zakiya, akad nikah akan segera dimulai, jangan membuat banyak orang lama menuggumu. Kamu siap??”.”baiklah, BISMILLAH.. aku siap sahabatku”. Mereka keluar menemui para undangan, tidak terkecualikan Arsyil.. meski dia bukan seorang dokter, Arsyil adalah teman SMA Andi dan Zakiya. Arsyil tersenyum melihat zakiya, dan zakiya yang hanya terdiam seakan tak percaya atas kehadiran Arsyil dalam acara pernikahannya. Dia hendak menangis, tapi dia berhasil menenangkan suasana hatinya. “Bismillah Ya Allah....... “ ucap zakiya. Lalu zakiya duduk disamping Andi, dan akad itu akan segera dimulai. Saat penghulu meminta tangan Andi, andi hanya terdiam. “bukan saya yang berhak meraih tangan bapak. Percuma saja, saya menikahi wanita disamping saya ini. Kalau saya tak mampu memiliki hatinya. Hanya lelaki pujaannya yang berhak menikahinya.”.”Andi, apa maksudmu?” tanya zakiya keheranan. “zakiya, maafkan aku.. aku telah membuatmu hampir mengorbankan cintamu. Kamu memang wanita yang luar biasa, sungguh beruntung lelaki yang akan menikahimu nanti”. “ada apa Andi.. mari langsungkan akadnya”. “tidak zakiya, aku tidak berhak menikahimu, Arsyil.. kemarilah sahabatku.. zakiya sangat mencintaimu. Dan maafkan aku, karena selama ini, aku menghalangi cinta kalian”. “Tapi Andi.. bagaimana dengan dirimu?” tanya zakiya semakin bingung.“jangan hawatirkan aku zakiya, aku tidak mau menjadi orang yang egois. Kemarilah Arsyil.. menikahlah dengan wanita yang kamu cintai, aku akan bahagia melihat kalian bahagia”.
Dan akhirnya, zakiya menikah dengan Arsyil.. lelaki yang dicintainya. “Sungguh ini kebesaranMu Ya Allah..... aku bersyukur kepadaMu. Lelaki yang kucintai akan menjadi imam dalam hidupku. Semoga dia mampu membawaku dalam surgaMu”.(*)
*Siswi kelas XI Bahasa
SMA Raudlatul Muta’allimin Tegalrejo Babat Lamongan

Cerpen : Dek, Kau Tetap Istriku

Dek, Kau Tetap Istriku
Cyber Komunis Lamongan, Sugio - Dalam sujudku di keheningan malam. Aku persimpuh kepada tuhan ilaihi robbi. Dialah tempatku memohon, meminta, dan mengadu di setiap keluh kesah hatiku. Tanganku pun tengadah memohon  kemurahan Allah pencipta alam ini. Semoga keluargaku diberi rahmat penuh keberkahan dalam menjalani hidup. Semoga anakku menjadi anak yang solehah. Sehingga kebahagiaan dan rasa syukur selalu menyelimuti keluargaku. Akupun tak lupa mendoakan alharhuma istriku yang paling aku cinta. kesetiaannya sepenuhnya diabdikan untuk bersamaku, menuruti apa yang aku ucapkan hingga akhir hayatnya.
Istriku adalah sosok yang mengerti suami. Hatinya seperti malaikat. Kesabaran dan keikhlasanya menemaniku tak mampu aku ungkapkan dengan kata-kata. Telalu kasar jika aku hakimi kesetiaannya dengan kata-kata. Dialah perempuan yang mengabdikan jiwa raganya demi aku. Lelah dan letihnya tak mampu menghalangi langkah untuk melayaniku. Istriku adalah malaikat yang dilahirkan kedunia menemani hari-hariku tanpa membantah setiap perintahku.
Kerelaannya menjadi istri sangatlah ikhlas. Di kala sedihku tentang kegagalan dalam pekerjaan, istrikulah yang selalu memberi semangat untuk tetap sabar. Di kala aku sakit, istrikulah yang menjadi obat untuk selalu tegar dan kuat. Aku melihat sosok perempuan yang tak kenal lelah dan paling tegar yang sebelumnya tak perah aku temui. Dibalik kelembutan tubuhnya yang sederhana tersimpan  kekuatan yang tak mampu aku terka. Dialah obat segala penyakit. Susah, sedih, lelah, terasa nikmat jika bersamanya. Senyumnya dan prilakunya begitu ikhlas, sehingga melihatnya terasa nyaman, tentram, penuh semangat, seperti saat aku mandi di telaga belakang rumahku di saat cuaca panas penuh keringat seketika hilang berganti kesegaran. Ini yang membuatku tetap menduda dan tak sanggup berpaling ke wanita lain. Meski lima belas tahun sudah istriku menghadap tuhan pencipta alam raya ini. Betapa hatiku sangat merindukan belai kasihnya yang lama tak kurasakan.
Tak terasa tubuhku yang bersimpuh di atas sajadah pakaianku telah basah. Dengan tangan masih tengadah, tubuhku yang bersimpuh di atas sajadah aku, melanjutkan doaku.  Meski ingatan tentang istriku membuatku mengalirkan air mata sahi pakaianku yang tak sanggup aku bendung di pelupuk mata lagi, ditambah sesak nafas yang mengiringi tangisku. Doa-doa tetap ku panjatkan seperti yang telah diajarkan istriku untuk tetap tabah menghadapi cobaan hidup. Meski tak sekuat istriku dalam menghadapi cobaan, aku harus berusaha tetap semangat meneruskan sisa umurku.
Lelah tak menghalangi untuk tetap melangkah. Ya Allah ya tuhan ku. Kau yang Maha Mengetahui apa yang terbaik untukku dan almarhum istriku. Kau juga yang maha mengampuni segala salahan dan kekhilafan. Apunilah dosa istriku. Tempatkanlah dia di tempat yang terbaik. Jangan sesatkan dia saat menghadapMu. Berikanlah petunjuk ke arah rahmatMu. Pertemukanlah aku dengan istri dan anakku di surgamu nanti. Hanya kepadamu aku meminta dan hanya kepadamu aku kembali.
Ku akhiri doaku di keheningan malam di dalam kamarku. sambil merapikan sajadahku yang kuletakkan di hanger kamar. Aku menghapus air mata di pipi dan kurapikan pakaianku yang basah oleh air mata. Aku menuju ke Dipan dimana anakku telah tertidur. Aku memandangi wajahnya yang polos. Wajahnya sangat mirip dengan almarhuma ibunya.
Karena anakku inilah istri tercinta meninggalkanku. Saat itu istriku melahirkan putriku di rumah bidan yang dinas di kampungku. Karena terlalu besar bayi yang dilahirkan dan keterbatasan alat medis. Bidan yang menangani persalinan istri tercintaku menyuruhku untuk membawa ke rumah sakit terdekat. Saat itu, rumah sakit yang paling dekat sekitar 25 KM. Akupun membawanya ke rumah sakit dengan mobil yang kusewa diri luar kampung. Istriku merintih kesakitan saat aku angkat ke mobil. Baru kali itu  perempuan yang kukenal paling tegar, paling kuat, menagis merintih-rintih di depanku dan air matanya mengalir ke pipi yang sebelumnya tak pernah kulihat, kecuali saat memanjatkan doa kepada ilaihi robbi.
Betapa hatiku bingung bercampur sedih tak karuan. Andai sakit itu bisa kupindahkan, aku ingin mengantikan sakit yang dirasakan istriku. Tak tega aku melihat rintihan istriku dan darah yang keluar dari rahimnya yang dengan cepat menutupi betis sampai mata kaki. Aku memeluk istriku mencoba membuatnya tenang. Aku pun mecoba tegar di mata istriku dan kubisik di telinganya “sabar ya dek, semua akan baik-baik saja.” Aku merasa tak berdaya menjadi suami yang tak dapat meringankan sakit yang diderita istriku. Ingin rasanya aku teriak sekencang-kencangnya meluapkan emosi. Rintihan istriku itu mencabit-cabit hatiku. Dia mengadu kepadaku kesakitan dengan jeritan yang tertahan-tahan. Dia tak tahan lagi dengan sakit yang dirasa. Aku menjadi binggu sekali saat itu, tak tega aku melihannya. Aku hanya bisa berdoa “ya Allah apa dosa istriku sehingga kau menghukumnya. Jadikanlah aku sebagai gantinya.”
“Mas, sakit mas” keluh istrku dengan tangis tertahan-tahan.
“tahan sebentar dek, sebentar lagi sanpai rumah sakit
“aku sudah tidak kuat, Mas” rintihnya lagi.
“sabar ya dek, semua akan baik-baik saja” hiburku.
Kurang dari lima belas menit kami sampai di rumah sakit. Istriku langsung aku angkat di kasir aku meminta kepada penjaganya untuk segera menangani istriku. Penanganan pun langsung dilakukan. Istriku di bawa ke ruang operasi. Sementara aku menunggu di luar ruang operasi dengan harap-harap cemas. “Ya Allah semoga baik-baik saja istri dan anakku. Tabahkanlah hati istriku.” Satu jam kemudian dokter keluar dan mengatakan “maaf bapak kami sudah berusaha sebaik mungkin anak bapak selamat tapi istri bapak tidak bisa kami selamatkan akibat terlalu banyak darah yang keluar.” Betapa remuk hatiku mendengarkannya. Rasa sedih, kecewa, marah yang aku simpan dari istriku tak mampu aku bendung. Aku menangis, berteriak sekuat dan semampuku.
Jika aku mengingat kisah ini, air mataku tak mampu terbendung dan mengalir secara otomatis seakan ada putaran kran yang jika diputar maka air keluar dengan derasnya. Aku mengusap-usap rambut anakku dan sesekali menepuk nyamuk di badanya. Begitu nyeyak tidurnya meski nyamuk telah menghisap darahnya.
Beberapa hari ini ia sakit panas yang tadi sore baru turun panasnya. Sehingga maklum jika malam ini tidurnya pulas. Akupun tak tega membangunkan mengajaknya solat malam. Mataku mulai ngantuk dan aku sandarkan tubuhku di samping anakku.
Suara adzan subuh terdengar. Aku bangkit dari tempat putriku tidur untuk mengambil wudlu di belakang rumah. Aku melihat anakku masih tertidur dengan nyenyak. Aku solat sendirian. Terntu saja diakhir witir aku tak lupa berdoa meminta rahmat dan kekuatan menjalankan hidup dijalan Allah. Tak lupa juga memohon agar disembuhkan anakku dari penyakitnya.
Sebenarnya anakku sudah tiga kali aku bawa berobat ke bidan yang dulu pernah membantu persalinan istriku. Namun putriku belum sembuh juga, penyakitnya begitu kerasan sekali singgah ditubuh putriku. Sejak sakit, anakku sesah sekali disuruh makan. Perlu menggujuknya agar dia makan. Makanya kini putriku semakin kurus.
Kini sang surya telah menampakkan wujudnya. Dari langit timur sang surya itu muncul. Aku membangunkan anakku yang tidur begitu nyeyaknya sejak tadi malam. Namun susah sekali aku membangunkanya. Beberapa kali anakku membangunkannya namun tak ada reaksi anakku untuk segera bangun. Akupun menjadi heran, tidak biasanya putriku susah dibangunkan. Dia tidak bergerak sedikit pun. Wajahnya pucat pasi. Aku letakkan tellingaku di dadanya tapi tidak ada detak jantungnya. Aku mulai khawatir aku cek hidungnya apakah masih ada nafasnya apa tidak. Ternyata nafasnyapun telah hilang. Aku menjadi tak binggung, pikiranku tak karuan dengan bertanya-tanya dalam hati. Kenapa dengan anakku?
 Akhirnya aku sadar apa yang terjadi dengan anakku. Putriku telah meninggal. Secepat itu aku menangis tersedu-sedudu menangisi kepergian anakku, meratapi nasib yang aku alami. Putriku yang selama ini menjadi kekuatan dan semangat menjalani hari-hariku. Kenapa singkat sekali di menemaniku? Kenapa dia yang lebih dulu meninggal? Kenapa tidak aku saja?
Aku tidak boleh sedih. Ini adalah jalanku yang diberikan Allah. Aku harus menerima dan merelakannya. Harus ikhlas. Semoga anakku diterima disisiNYA. Aku akan selalu mendoakannmu, nak. Tunggu bapak di surga bersama ibumu. Bapak pasti menyusulmu. Kita akan berkumpul kembali. Menjadi keluarga yang selalu bahagia yang setiap saat ada canda dan tawa diantara kita. Tak akan kita kenal yang namanya kesedihan, kehampaan, kekecewaa, kepahitan hidup. Semua berubah menjadi kebahagiaan.

Pengarang: supendi
Nama pena : Maspend
Bekerja di SMA Darul Ulum Sugio.

Puisi: Dia

DIA ...

Berputar tak kembali
Jatuh tak turun
Terlempar tak naik
Datang tak ada orang
Bagai angin lalu lalang
Dimanapun ada engkau
Kapan pun engkau hadir
Tajam pena tak kuasa menceritakan
Urainmu membuat aq malu
Datangmu …
Hadirmu…
Pergimu….
Hanya DIA yang tau …
Ahmad isroil ,Ploro babat 4/1/2013

Tasya : Lamongan Pantas Raih Adipura Kencana



Cyber Komunis Lamongan, Lamongan - Bersamaan dengan Hari Peduli Sampah 2014, Senin (24/2) dilakukan Peresmian Koperasi Sentral Bank Sampah dan Pencanangan 100.000 Biopori Mandiri di Lamogan. Kegiatan itu dihadiri oleh Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Pengelolaan Bahan Beracun Berbahaya (B3) Limbah B3 dan Sampah, Rasio Ridho Sani bersama Ketua Dewan Pertimbangan Adipura, Sarwono Kusumaadmaja.
Kehadiran Rasio Ridho Sani sore itu mewakili Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya yang berhalangan hadir karena dipanggil Presiden RI untuk mengikuti rapat bersama DPR RI. Sebelum meresmikan Koperasi Produksi Bank Sampah yang dilaksanakan di Koperasi Produksi Bank Sampah Harapan Jaya RT 2 RW 2, Demangan Tengah, Kelurahan Sidoharjo, rombongan disambut Bupati Fadeli di Guest House setempat.
Tak sendiri, Rasio Ridho Sani didampingi oleh Duta Lingkungan Hidup Tasya Kamila, Miss Earth Indonesia 2013 Nita Sofiana serta Walikota Kendari, Asrun dan Pekan Baru, Firdaus.
Fadeli menyampaikan bahwa di tahun 2013 ini Lamongan telah mencapai banyak kemajuan dan penghargaan.
“Pada tahun 2013 pertumbuhan ekonomi Lamongan naik dari 7,02% menjadi 7,12%, di bidang pendidikan tingkat kelulusan mencapai 100 % pada SD dan SMP, serta 99,96% pada SMA. Sedangkan indeks pembangunan manusia atau (IPM) menjadi 70,76 naik dari sebelumnya yang 70,13. Dan di bidang lingkungan hidup Kabupaten Lamongan menjadi satu-satunya kota kecil perah penghargaan Adipura Kencana”, ungkapnya saat di Guest House.
Fadeli juga mengungkapkan targetnya di tahun 2014 yakni menjadikan Kabupaten Lamongan sebagai kota warna-warni bunga dan merdeka dari sampah yang didukung dengan ruang terbuka hijau (RTH) privat 30-40%, kader lingkungan sebanyak 7.445 orang, bank sampah sebanyak 525 unit dan pengelolaan sampah dengan 3R (reduce, reuse, recycle) sebanyak 40%.
Ditambahkannya, meskipun sampai saat ini biopori mandiri yang sudah terpasang masih berkisar 3.387 unit, dengan sumur resapan sejumlah 179 unit, dia menargetkan akan ada 100.000 biopori mandiri sampai akhir tahun 2014 ini.
Rasio Ridho Sani dalam sambutannya sangat mengapresiasi gaya kepemimpinan Fadeli yang disebutnya sebagai Leading by Example.
“Bapak Bupati Lamongan telah mengajarkan kepada kita bagaimana cara memimpin dengan memberikan contoh (Leading by example) yang mampu mengubah perilaku masyarakat sehingga peduli dengan lingkungan”, ujarnya.
Menurut dia, Kabupaten Lamongan menjadikan sampah sebagai komoditas untuk membangun daerahnya. Melalui bank sampah, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. “ Dengan lingkungan, air dan udara yang bersih akan meningkatkan kesehatan dan pendidikan rakyatnya yang dapat dilihat dari IPM. Dan beliau yakin program Indonesia bersih tahun 2020 akan tercapai 100% di Lamongan”, imbuhnya.
Sementara terkait ditunjuknya Kota Soto ini sebagai wakil Indonesia di ajang the 3rd ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Award, Rasio Ridho Sani mengaku cukup optimis. Yakni Sebuah kompetisi bidang lingkungan hidup untuk kota yang menerapkan konsep green city tingkat Asean. Dia menyebut Lamongan punya keunikan tersendiri.
Setelah dari Guest House rombongan diajak menuju Koperasi Produksi Bank Sampah Harapan Jaya untuk secara simbolis menyerahkan akte pendirian badan hokum kepada koperasi bank sampah secara cuma-cuma . Disana Tasya Kamila menghibur masrarakat sekitar dengan menyanyikan lagu Aku Bisa dan Anak Gembala.
“Aku tresno karo Lamongan. Di sini ternyata lingkungannya apik tenan.Saya rasa lamongan memang pantas jadi Kota Adipura Kencana. Tetap semangat, tetap yakin bisa pertahankan adipura kencana, menuju lamongan kota Green and Clean”, katanya. [Fbi/Ning]

Melalui UN Bisa Masuk PTN ?

Cyber Komunis Lamongan, Lamongan - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Ujian Nasional 2014 akan berintegrasi dengan universitas. Dengan demikian, perguruan tinggi pun dilibatkan dalam proses pelaksanaan termasuk dalam pembuatan soal.
"Tahun ini pelaksanaan UN pertama kali terintegrasi vertikal, yaitu hasil UN dipertimbangkan untuk masuk ke PT," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh.
Dia memaparkan, proses pembuatan soal akan berpacu pada Programme for International Student Assessment (PISA), yakni mengacu pada standar sekolah internasional dengan komposisi tingkat kesulitan 20 persen soal kategori sulit, 10 persen soal kategori mudah, dan 70 persen sisanya dalam ketegori sedang.
Bila pada tahun sebelumnya UN hanya menjadi syarat kelulusan, kata Nuh, maka tidak pada tahun ini. Hasil UN akan dimasukkan ke dalam rumus penghitungan kelulusan yang mencakup pula Nilai Ujian sekolah, nilai rapor dan perilaku.
"Hasil UN nantinya, juga kita kita pakai sebagai pemetaan sekaligus perbaikan dari proses belajar mengajar," terang M Nuh.
"Kita kejar kualitas pelaksanaan, kualitas hasil, dan pemanfaatannya. Kita pakai untuk pemetaan, harus bagus, lebih detail per satuan pendidikan dan per mata pelajaran," lanjutnya.
Selanjutnya, perguruan tinggi juga dilibatkan dalam pengawasan pelaksanaan.

Tahun 2015 UN Online Siap Digelar

Cyber Komunis lamongan, Lamongan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai mencanangkan penerapan Ujian Nasional (UN) online bagi siswa. Namun, pelaksanaan ujian ini tidak serta-merta dilakukan sekaligus karena masih memerlukan penyesuaian, terutama mengenai kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.
Plt Kepala Puspendik Kemendikbud Nizam mengatakan, sekolah-sekolah di daerah di Indonesia menyambut adanya UN online ini. Sekolah-sekolah itu cukup antusias karena banyak sekolah yang sudah lengkap sistem komputernya.
"Sudah banyak yang menulis pakai komputer daripada pakai tangan," ujarnya saat ditemui seusai sidang Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan.
Dia menuturkan, komputerisasi sudah menjangkau beberapa daerah di wilayah Indonesia timur. Beberapa sekolah, di Papua misalnya, sudah mulai menggunakan komputer.
Nizam mengatakan, pelaksanaan UN online akan dipersiapkan secara bertahap. Tahun ini, pelaksanaannya mulai diterapkan pada sekolah-sekolah Indonesia yang ada di luar negeri, sepertiMalaysia, Singapura, dan Belanda.
"Tahun ini kita coba untuk sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri. Kita kirim soal ke luar negeri karena di sana yang sudah siap dengan infrastrukturnya," imbuh Nizam.
Untuk menyambut ujian online ini, beberapa sekolah juga telah diujikan secara terbatas. Ujian secara online sudah mulai diterapkan bagi siswa, misalnya, dengan menggelar ulangan harian  secara online.
"Beberapa sekolah sudah mulai melakukan itu meski bukan untuk UN, tapi untuk ujian kelas," katanya.
Selanjutnya, pada sekolah yang sudah siap tadi, menurut Nizam, Kemendikbud berencana akan melakukan uji coba UN online pada 2015 nanti.
"Prototipenya sudah siap, baik itu sistem maupun bentuk soalnya. UN online 2015 kita buat sebagai pilot project. Kalau nanti dari perkembangannya dilihat bisa lebih baik, kalau berhasil, kita coba 2016 secara bertahap. Kita lihat kondisi di lapangan," ujar Nizam.
Menurut dia, penerapan UN online merupakan salah satu pemanfaatan teknologi informasi yang kian pesat saat ini. Hal demikian, lanjut Nizam, guna mencegah beberapa masalah yang kerap terjadi saat UN, yaitu pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal. [Is/TLM]

Bumi Sang Pemimpi

Bumi Sang Pemimpi

Terlepas saat senja menyelinap
Tak ubahnya terselubung sendu
Jejak demi jejak terasa sesak
Terpintas sekelebat duka

Bumi ini renta sudah
Dihimpit bualan nahkoda
Dicerca bibir sumbing
Didera cambuk nestapa

Setiap yang tumbuh seakan luluh
Tertekuk di sudut waktu
Merenung dan meraung
Inikah bumi sang pemimpi?

Sesak sudah hela nafas
Sebak sudah tangis di dada
Saat berlumur mimpi
Tapi bumi tiada berarti

Inilah Kriteria Kelulusan UN Tahun 2014

Cyber Komunis Lamongan, - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, jika pada ujiannasional (UN) 2013 lalu komposisi nilai sekolah terdiri dari 40 persen nilai rata-rata rapor, dan 60 persen nilai ujian sekolah, tahun ini komposisi nilai sekolah terdiri dari 70 persen nilai rata-rata rapor dan 30 persen nilai ujian sekolah. Artinya, faktor kelulusan tidak sepenuhnya berdasarkan hasil UN, melainkan nilai harian siswa.
Tahun ini kriteria kelulusan meliputi beberapa hal, diantaranya, Siswa harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran, Siswamemperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran, Siswa lulus Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Keseteraan (S/M/PK), dan lulus Ujian Nasional (UN).
Sementara itu, kriteria kelulusan Ujian S/M/PK peserta didik harus memenuhi, Kriteria kelulusan peserta didik dari Ujian S/M/PK untuk semua mata pelajaran pelajaran ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M/PK.
Kriteria mencakup mínimum rata-rata nilai dan mínimum nilai setiap mata pelajaran. Nilai S/M/PK diperoleh dari gabungan; Rata-rata nilai rapor dengan bobot 70%, Semester I s.d.  semester V pada SMP/MTs, SMPLB, dan Paket B/Wustha, SMK/MAK, dan Paket C Kejuruan,  Semester III s.d. semester V pada SMA/MA, SMALB dan Paket C dan Semester I s.d. semester V pada SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK yang menerapkan SKS.
Sedangkan untuk nilai Ujian S/M/PK dengan bobot 30 persen. Adapun untuk lulus Ujian Nasional peserta didik harus memenuhi; Kriteria kelulusan peserta didik untuk Ujian Nasional (UN) SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB/SMK, Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan adalah Nilai Akhir (NA) setiap mata pelajaran yang diujinasionalkan paling rendah 4,0 (empat koma nol) dan Rata-rata NA untuk semua mata pelajaran paling rendah 5,5 (lima koma lima). Kemudian Nilai Akhir (NA)  merupakan gabungan Nilai S/M/PK dan Nilai Ujian Nasional dengan bobot 40 persen Nilai S/M/PK dan 60 persen Nilai UN.
Sementara itu, Plt Kepala Puspendik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, pelaksanaan UN bertujuan untuk memetakan kompetensi siswa dari tiap daerah diIndonesia. Ia berharap ujian nasional tahun ini berjalan lancar.
"Kita harus punya ukuran sehingga UN itu sebagai diagnosis. Nantinya kita akan mengetahui bidang-bidang tertentu yang unggul dikuasai oleh siswa. UN untuk melihat mana yang perlu peningkatan, mana yang sudah bagus, termasuk sampai ke tingkat kompetensi per mata pelajaran," kata Nizam. [IS/Mendikbud]

Kebanjiran Pengemis, Kabupaten Banjar Studi Ke Lamongan

Cyber Komunis Lamongan-Lamongan: Untuk kesekian kalinya, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan. Kali ini Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar melakukan kunker terkait ketertiban sosial.
 “Maksud dan tujuan kami datang ke Kabupaten Lamongan yakni untuk mengetahui dan mendalami bagaimana kabupaten Lamongan menangani berbagai permasalahan sosial seperti pengemis, anak jalanan, gelandangan dan anak-anak yang terjerat obat-obat terlarang (narkoba)”, ungkap Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar Gusti Abdurrahman.
Kabupaten yang terdiri dari 20 kecamatan tersebut sedang mengalami masalah sosial, menurut Gusti, karena terkenal sebagai kota yang religius. Sehingga dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk memperkaya diri sendiri.
Sekkab Lamongan Yuhronur Efendi saat menyambut kedatangan rombongan kunker yang terdiri dari 15 peserta tersebut menyampaikan Lamongan sudah memiliki beberapa regulasi terkait permasalahan sosial.
“Kabupaten Lamongan telah mempunyai Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan itu masuk dalam leading sektor Satpol PP. Setiap tahunnya ada kegiatan yang memang dianggarkan dalam APBD terkait operasi pelajar, operasi miras, operasi PNS, operasi PKL dan operasi PSK”, jelas Yuhronur Efendi.
Disambung oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Imam Tresno Edy, bahwa di tahun 2014 ini ada penanganan untuk 26 jenis Penyandang Masalah Kesjahteraan Sosial (PMKS). Yakni Satpol PP bekerjasama dengan 36 UPT Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur.
“Setelah dilakukan razia, yang tertangkap akan dibina di UPT Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur,’ ujarnya.
Masih terkait penanganan masalah sosdial, di tahun 2014 ini Kabupaten Lamongan telah menuntaskan bantuan Program Keluarga Harapan untuk rumah tangga sangat miskin di 27 kecamatan. Program serupa terkait pemberdayaan kemiskinan tidak hanya berada di Dinsosnakertrans. Tetapi juga dilaksanakan oleh Bappeda, Bagian Kesejahteraan Masyarakat dan beberapa SKPD lain.
  

Didatangai Sekkab, Peserta Yak Yuk Malah Grogi

Entah karena grogi atau karena memang kurang bertalenta, calon yak dan yuk Lamongan yang pada Selasa (13/5) memasuki uji talenta banyak yang kurang maksimal penampilannya. Pasalnya, Sekkab Yuhronur Efendi siang itu melihat langsung proses penjurian uji talenta Yak dan Yuk Lamongan 2014.
            Beberapa calon Yak dan Yuk terdengar sumbang dan grogi saat bernyanyi. Sehingga tim juri juga sering menghentikan penampilan si calon sebelum dia menyelesaikan talenta yang dibawakannya.
            Salah seorang panitia pemilihan Duta Wisata Yak Yuk 2014, Reza Greta Wirdinata mengungkapkan, sebelumnya ada 85 peserta yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi tahunan tersebut. Namun saat sesi tes tulis dan wawancara Bahasa Inggris dan penampilan berjalan cat walk, tereliminasi hingga hanya menyisakan 59 orang yang siang itu melakukan uji talenta.
            Disebutkannya, selanjutnya akan dipilih 30 peserta yang terdiri dari 15 peserta pria dan 15 peserta wanita untuk maju di babak grand final pada 24 Mei mendatang di GOR Lamongan. Sebelum malam puncak, mereka akan mengikuti pembekalan dan di karantina mulai 16 Mei hingga 21 Mei.

Lamongan Terapkan Hypnobirthing, Jadi Percontohan Nasional

Cyber Komunis Lamongan- Lamongan: Menjadi bidan di pedalaman pedesaan Lamongan bukan berarti jauh dari
inovasi dan pengetahuan baru. Suhartatik Qomariyatun, Bidan Delima di Dusun
Kalibogo Desa Kaliwates Kecamatan Kembangbahu menerapkan hypnobirthing dan
hypnotheraphy sehingga menjadi percontohan nasional.

Menuju Dusun Kalibogo Desa Kaliwates di Kecamatan Kembangbahu
tidaklah sulit. Berjarak 15 kilometer dari pusat Kota Lamongan, akses
menuju dusun ini sudah memadai dengan jalan beraspal.
 
Tempat praktek Bidan Suhartatik Qomariyatun sendiri berada
sekitar 2 kilometer di selatan Pasar Kembangbahu. Jika tidak ada sebuah
papan putih penanda bertuliskan Bidan Praktek Mandiri (BPM) Aura Syifa’
dengan logo bidan delima di depan rumahnya yang asri, bagi orang luar
Kembangbahu mungkin tidak akan mengenali tempat praktek tersebut.

Namun bagi masyarakat Kembangbahu, mereka sudah mengenal bidan yang
diangkat menjadi bidan desa sejak 1993 ini sebagai tenaga kesehatan yang
cakap. Karena dia dikenal tidak pernah lelah menambah pengetahuan kesehatan.

Ketekunannya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, membawa lulusan D3
Politeknik Kesehatan Poltekkes  Surabaya ini menjadi percontohan nasional
oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Terutama untuk percontohan nasional bagi
Bidan Delima lain di Indonesia.

Menurut bidan yang dilahirkan di Lamongan pada 10 Maret 1969 silam ini, dia
sudah menjadi Bidan delima sejak tahun 20015. Kemudian di tahun 2010
menjadi fasilitator bagi Bidan Delima.

Di tahun 2010 pula, dia mulai menerapkan ilmu hypnosis dalam kebidanan.
Yakni yang meliputi hypnobirthing (melahirkan tanpa rasa nyeri) dan
hypnotheraphy (untuk pengobatan penyakit).

“Saya lulus sekolah bidan di tahun 1992 dari Pendidikan dan Pelatihan Bidan
(P2B) Rumah Sakit Islam Surabaya dan mulai memberikan pelayanan di Januari
tahun berikutnya. Saya mulai tertarik dengan konsep Bidan Delima untuk
meningkatkan kualitas pelayanan oleh bidan sejak ada tuntutan peningkatan
pelayanan, standard an kualitas yang disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan
Lamongan dan IBI, “ tutur dia.

SelamA menjadi bidan delima, Suhartatik mengatakan ada sejumlah tantangan
yang harus dihadapi karena adanya tuntutan peningkatan saranan dan kualitas
layanan tersebut. Diantaranya dari segi biaya untuk membeli peralatan dan
keharusan untuk memperbanyak wawasan ilmu pengetahuan baru.

Untuk mencukupi peralatan, secara bertahap dia menyisihkan sebagian
penghasilannya. Juga dengan merekrut bidan lainnya untuk menjamin kualitas
layanan dari sisi administrasi.

Sementara dari sisi wawasan ilmu pengetahuan baru, tidak kurang dari 14
kali dia mengikuti berbagai pelatihan dan diklat. Diantaranya mengikuti
pelatihan hypnobirthing dan hypnotheraphy.

“Khusus untuk hypnobirthing dan hypnotheraphy ini saya merampungkan tiga
kali kursus. Yakni basic hypnosis and hypno-birthing, has completed
hypnosis dan hypnotherapy mastery serta advanced hypnosis in obstretic, “
ujarnya.

Untuk program ibu hamil dengan hypnobirthing dan hypnotheraphi ini, dia
membuka kelas setiap dua minggu sekali dengan setiap ibu hamil minimal
mengikuti selama tiga kali di masa kehamilannya.

“Harapannya, ibu hamil pada masa kehamilan dan saat proses persalinan
merasa nyaman dan tenang. Karena pada umumnya ibu hamil muda sering merasa
mual dan muntah serta merasakan nyeri saat proses persalinan, “ katanya
memberi penjelasan.

Wulandari (18) salah satu pasiennya yang melahirkan di BPM Aura Syifa’
menuturkan, waktu melahirkan dia tidak merasakan nyeri. “Saya ikut kelas
hypnobirthing dan hypnotheraphi selama dua kali. Saat melahirkan, tidak
terasa apa-apa dan prosesnya juga cepat. Padahal saat masuk ke sini jam
8.30, saya sudah pembukaan II, “ ujarnya sambil menggendong anaknya yang
baru berusia beberapa hari.

Sulfi (23) ibu hamil lain yang juga mengikuti hypnobirthing dan
hypnotheraphi mengungkapkan, dia merasa lebih tenang selama masa
kehamilannya yang sudah mencapai usia 38 minggu tersebut.

Bidan Delima sendiri adalah program IBI yang sudah dilaksanakan sejak tahun
2001 dengan lebih dari 9.000 anggota di 21 propinsi. Bidan Delima melakukan
standarisasi keahlian, kompetensi, peralatan, sarana dan prasarana serta
manajemen klinik agar sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan RI.

Sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan bidan, terutama pelayanan
kesehatan reproduksi dan keleuarga berencana. Dengan tujuan, mempercepat
penurunan angka kesakitan dan kematian Ibu, Bayi dan Anak.(Is?hms)

Kambing Diatas Tambak

Cyber Komunis Lamongan-Lamongan: Banyak cara untuk membuka jalan bagi kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Terlebih mayoritas masyarakat Lamongan berada di pedesaan. Salah satu upaya pemerintah setempat adalah dengan memberikan stimulus bantuan pemberdayaan.
Salah satunya adalah stimulus bantuan ternak di Desa Weduni Kecamatan Deket yang dikembangkan dengan unik. Yakni membuat kandang-kandang kambing bertingkat yang diletakkan di tegalan areal tambak.
Desa ini memang berada di kawasan bonorowo Lamongan. Tanah lapang adalah sesuatu yang langka di kawasan ini. Selain sungai dan rawa, pertanian yang berkembang di kawasan ini adalah perikanan.
Di Kawaan Ternak Kambing Terpadu Ramah Lingkungan Kelompok Kapal Mandiri di Dusun Kudu Desa Weduni, anggotanya membuat kandang-kandang kambing di atas tegalan sawah tambak. Ketika Bupati Fadeli mengunjungi kawasan ini, satu-satunya alat transportasi untuk bisa menuju kesana adalah dengan menggunakan perahu.
Disampaikan secara terpisah oleh Kepala Bappeda Aris Wibawa melalui Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni, di tahun 2011 dilaksanakan pengadaan kambing sebanyak 2.200 ekor di 11 desa di 3 kecamatan. Yakni di Kecamatan Ngimbang, Mantup dan Sambeng.
Kemudian di tahun 2013 program pengembangan agribisnis peternakan kambing menambah bantuan 110 ekor di Desa Weduni/Deket dan Desa Dumpiagung/Kembangbahu. Sementara di tahun 2014 ini, akan diberikan bantuan sebanyak 512 ekor, di 14 desa yang berada di 13 kecamatan.
Sedangkan untuk budidaya itik dikembangkan melalui pola intensif dan konvensional. Bantuan sebanyak 20.000 ekor di tahun 2011 di 8 desa yang berada di Turi dan Kalitengah telah diberikan. Selanjutnya di tahun 2012 diberikan hibah kepada kelompok ternak pembudidaya itik sebanyak 10.000 ekor di Kecamatan Turi.
Pada pengembangan agribisnis peternak ayam ras petelur dilaksanakan di Desa Kedungkumpul/Sukorame dan Desa Puter/Kembangbahu sebanyak masing-masing 10.000 ekor di tahun 2013. Pada tahun 2014 ini bakal diberikan bantuan sebanyak 10.000 ekor ayam ras petelur di 6 desa di kecamatan Kedungpring, Modo, Sukorame, Kembangbahu, dan Mantup.
Berbagai program stimulus ini merupakan bagian dari Program Gerakan Membangun Ekonomi Rakyat Lamongan Berbasis Pedesaan (Gemerlap) di Kabupaten Lamongan yang telah berjalan sejak tahun 2011.
Gemerlap merupakan program daerah Kabupaten Lamongan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa. Sekaligus penanggulangan kemiskinan dengan ditandai berkembangannya sentra-sentra industri ekonomi pedesaan sebagai wujud inovasi masyarakat pedesaan yang berkelanjutan.
Gemerlap juga merupakan salah satu program unggulan di Kabupaten Lamongan sehingga di tahun 2013 menerima Innovative Government Award dari Kementrian Dalam Negeri.
Dalam bidang peternakan, Gemerlap memberikan bantuan maupun pembinaan teknis budidaya itik, ayam ras petelur dan juga kambing.(is/hms)

Para Pelaku Sejarah PMII Unisda

PMII Tempo Doloe....
jangan kalian lupakan pelaku-pelaku sejarah yang dulu telah berjuang mati-matian demi PMII kita tercinta...
Foto-Foto ini mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kita selaku kaum muda yang baru kemarin sore berkecimpung di dunia pergerakan.....






Masyarakat Demo Tuntut Pembubaran Timsel KPUD Lamongan

Cyber Komunis Lamongan- Lamongan: Lagi, Masyarakat Demo Tuntut Pembubaran Timsel KPUD Lamongan
Sebelum Didemo, Imam Tresno Mundur Jadi Ketua Timsel
Kabarlamongan.com : Lamongan - Masyarakat lamongan sudah mulai geram dengan tingkah pola tim seleksi komisi pemilihan umum (Timsel KPUD) Kabupaten Lamongan, mulai sepekan ini sekretariat Timsel KPUD lamongan banyak dikunjungi masyarakat lamongan. Massa terdiri dari berbagai elemen organisasi massa, mulai dari organisasi kemahasiswaan hingga organisasi kemasyarakatan.
Hari ini, jumat (16/05), masyarakat Lamongan yang tergabung dalam forum masyarakat peduli penegakan demokrasi melakukan aksi unjuk rasa ke lokasi Tes Wawancara dalam hal ini Hotel Mahkota, Panwaskab dan Kantor Bupati Lamongan, untuk segera membubarkan Timsel calon KPUD Kabupaten Lamongan dan menganulir seluruh produk keputusan Timsel anggota KPU Kabupaten Lamongan.
“Kami meminta sikap tegas KPU Propinsi Jatim untuk membubarkan Timsel KPU lamongan demi menjaga kondusifitas politik di Kabupaten Lamongan,” teriak anam saat berorasi.
Para pengunjuk rasa menuntut untuk membubarkan Timsel KPUD lamongan karena Timsel KPU Lamongan telah melanggar peraturan KPU No. 02 tahun 2013 pasal 2 huruf ‘g’ dan pasal 11 serta melanggar UU nomor 14 tahun 2008 pasal 4 ayat 1,2,3 dan 4.
“TIMSEL KPU Lamongan ini bukan hanya melanggar peraturan tetapi telah melakukan tindak pidana dengan melawan hukum seperti yang diatur dalam peraturtan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2012 tentang pedoman pemusnahan arsip,” tuntutnya.
Selain itu, mereka juga menuntut agar KPU Jawa Timur menganulir seluruh hasil keputusan Timsel yang dinilai cacat huku.
“Seharusnya rapat Timsel diikuti minimal 4 anggota dibuktikan dengan daftar hadir, akan tetapi hanya dengan 3 orang sudah berani memutuskan rapat timsel,” tambahnya.
Disisi lain, ketua Timsel secara resmi telah mengirimkan surat pengunduran diri kepada KPU Propinsi Jawa Timur hari ini (16/05). Ia beralasan tidak mampu bekerja secara maksimal dalam penyelenggaraan seleksi calon komisioner KPUD Lamongan.
Pihaknya menyangkal jika alasan pengunduran dirinya sebelum masa tugasnya berakhir lantaran tekanan dari masyarakat beberapa hari ini.
“Tidak karena tekanan apa-apa kepada saya. Tapi karena waktu dan kesibukannya sebagai PNS di Dinsosnakertrans," katanya. (ding/Is)

Selasa, 13 Mei 2014

Peserta Mapaba PK. PMII Unisda 2011


DAFTAR HADIR PESERTA
KELOMPOK        : (1) Tan Malaka                  MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        : Yosep & Rian         .            HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR        CONTACT PERSON         E-MAIL    TTD
01    M Anwarul Firdaus     FKIP/B.INGGRIS    081 939 876 336       
02    Zuli Eka M.F        FKIP/B.INGGRIS    085 732 898 635       
03    Henny Rosyidah        FKIP/MATEMATIKA    085 645 540 146       
04    Yuyun Susanti         FKIP/B.INGGRIS    085 794 119 938       
05    Shofi Hariri        FAI        085 645 226 623       
06    Abdhul Rozaq         FAI        085 733 514 673        Royzack68@yahoo.com
07    Komarudin        FAI        085 732 533 476       
08    M . Nur Shodin        FAI        085 745 154 079       
09    M . Nur Rofiq        SH        081 515 885 850        S_Sandos@yahoo.co.id   
10    Amin Alamsyah         SYARIA/INKAFA           


DAFTAR HADIR PESERTA
KELOMPOK        : (2)                      MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        : Adi & Lely        .        HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR        CONTACT PERSON     E-MAIL    TTD
01    Ulil Mukarromah        FAI/PAI        085648530776       
02    Khusniyatin Lailiyah    FAI/PAI        085785016269       
03    Diyastis Dwi Rimawati    FE/Ekonomi    085732625377       
04    Khalim Suharsono    FE/Ekonomi    085733416966       
05    Moh Nasruddin        Fak. Pertanian    085852567825       
06    Mubasir            FE        085649220607       
   
               

DAFTAR HADIR PESERTA
KELOMPOK        : (3) KARTINI                    MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        :Ulin & Fuad        .            HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR            CONTACT PERSON         E-MAIL    TTD
01    M. Sulthoni Kharis    FE/Ekonomi        085749452146        SULTONI.KHARIS@YAHOO.COM
02    Sigit Bagus R        FKIP/B.INDONESIA    081335260007        C9yt.naezila@gmail.com   
03    Kiki Arfandika        FAI/PAI            085335373515        kikiarfandika@yahoo.com
04    Wahyu Kartika        FP/Agroteknologi    085733443293        wahyuchartcha@gmail.com
05    Nur Faizah Rahmayani    FKIP/B.INGGRIS        085745105488        Rahma.faizzah@gmail.com   
06    Muhammad Majid        FKIP/B.INGGRIS        081217599844        jayamaila@yahho.com
07    M. Syaifuddin        FE/Ekonomi               
                   


DAFTAR HADIR PESERTA
KELOMPOK        : (4)  PATIMURA                    MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        : Siti Nuriyati        .            HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR            CONTACT PERSON     E-MAIL    TTD
01    Eka Shohifah S        FE/Akutansi        085748090276       
02    Rurun Mahmudah        FE/Akutansi        085732443673       
03    Durrotun Fuadah        FAI/PAI            085730256333       
04    A.Fahmi            FKIP/B.INGGRIS        08563398382    Ryumi.ed.coman@gmail.com
05    Alif Ramah Zudha    FKIP/B.INDONESIA    083857409817    Kunteng_gaul@yahoo   
06    Armanu Jagad        FKIP/B.INGGRIS        085731777237       


DAFTAR HADIR PESERTA       
KELOMPOK        : (5)                         MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        : Solikin        .            HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR        CONTACT PERSON         E-MAIL
01    Muh. Dedie Nur Cahya    FKIP/B.INGGRIS    085645223109        dedimuhammad@rocketmail.com
02    Akhmad Fikri Fawaid    STAI SG        081946711005        Lord_demon96@yahoo.com
03    Watminatik        FAI/PAI        081946712061        Anna.mayda@yahoo.com
04    Mevita Permatasari F    FE/Akutansi    085254505133        Vietha.alief@yahoo.com
05    Mahfudlo        FE/Akutansi    085749929879        Maya_nela@yahoo.com
06    Muhsin Zuhad        INKAFA        085731919491        Zul.ridho@yahoo.com   
07    Dwi Novitayanti        FKIP/B.INGGRIS    085852672502       
08    Ahmad Faisal Afandi    FKIP/B.INGGRIS    085733753977        Ahmadfaisalafandi@yahoo.com


DAFTAR HADIR PESERTA
KELOMPOK        : (6)  Enam                    MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        : Azam & Fiat        .            HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR            CONTACT PERSON         E-MAIL
01    Nur Rohinan        FKIP/B.INGGRIS        081515526055        Alimuhtar48@yahoo.com
02    Zaini Lathifa        FKIP/B.INGGRIS        085655045625       
03    Ratna Purle Agustin     FE/AKUTANSI        085731112770        Bay.purie@yahoo.com
04    Siti Zahrotun Na’imah    FA/PAI            083832013198        City_zahrotun@yahoo.com
05    Beni Rohman        FA/PAI            085731909117       
06    Fajar Dwi Arianto    FP/Agroteknologi    085785001724                       


DAFTAR HADIR PESERTA
KELOMPOK        : (7) Soekarno                        MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        : Puji Handayani & Agung    .            HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR            CONTACT PERSON         E-MAIL    TTD
01    F. Arif S        FKIP/B.INDONESIA    085648020092        Arif Cansas@ymail.com
02    M. Gholib Nopriyansyah    FKIP/B.INDONESIA    085330992793        m.gholib@yahoo.com
03    Waliyatus Syahada    FKIP/B.INDONESIA    087753322517        waliyatussyahadah@ymail.com
04    Dyah Kumalasari        FKIP/B.INGGRIS        085853422448        Diabolizm_cetom@yahoo.com
05    Wulan Sari        FE/Akutansi        085732143194        Wulanhamid@yahoo.com       
               


DAFTAR HADIR PESERTA
KELOMPOK        : (10) SUHARTO                    MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        : Ifa & Fajar        .            HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR            CONTACT PERSON     E-MAIL    TTD
01    A.Yusuf            FE/Menejemen        085645114926       
02    Putri Silvia H        STIE Al Anwar MJK    085648918342       
03    Zaeri Fatmah Wati    FKIP/B.INGGRIS        085733438038       
04    Dwi Fatmawati        STIT Al Fatah/TI    085648320698       
05    Deni Pranata        FKIP/PBSI        085730141028       
06    Rizal Alif Maulana    FKIP/PBSI           
07    Khoirur Rohman        FKIP/PBSI           
                   


DAFTAR HADIR PESERTA
KELOMPOK        : (8) KH. ABD. Ghofur                        MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        : Nur Innama Maswati Lusy        .            HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR            CONTACT PERSON     E-MAIL    TTD
01    Imam Prihardiyarto    FAI/PAI            08979154298    Sang Pencerah15@yahoo.com   
02    Nur Kholida Noviyati    FKIP/MTK        085645078786    Kholida15@gmail.com
03    Malinda Linda Rizki    FP/Agroteknologi    087854336498    Cutee.1412kidku@yahoo.com
04    Fatimatus Sholihah    FKIP/B. INGGRIS        082140498923    El-fiya.evendy@yahoo.com   
05    Moh. Fathul Anam    FAI/PAI            085730788457       
06    Annisa Nidaur Rohmah    PAI (STITAF)        085785006757       
07    Muhammad Mahbub Zunaidi    FAPETRA            085731702499       
                   


DAFTAR HADIR PESERTA
KELOMPOK        : (9)  Abu Bakar                    MATERI            :………………………………….
FASILITATOR        : Arianto & Nining        .            HARI/TANGGAL        :………………………………….

NO.    NAMA            FAK/JUR        CONTACT PERSON     E-MAIL    TTD
01    Isrofatul Husnah    FKIP/B.INGGRIS    085232895533       
02    Ucik Nur Hidayati    FKIP/B.INGGRIS    085732227810    Ucik_Cahxl@yahoo.com   
03    Afif Dian Saputra    FAI/PAI        085852910242       
04    Dwi Purnama Sari    FAI/PAI        085648798042    Dani.ela25@yahoo.com
05    Anisfatul Faizah    FKIP/MTK    085655308209    Aniz.yasmin@yahoo.com   
06    M Mahfud Nur Syamsuri    DAKWA/KPI    085646697622    mahfudnursyamsui@yahoo.com
07    Abdul Rohman        DAKWA/KPI    085716455614    Regil rohman @yahoo.com   
08    Moh Ali Mahfud        FT        083832113135    Ciputz69@yahoo.com
09    Muhaimin        FE        085730200238       

Pedoman Surat Menyurat Komisariat

TERTIB ADMINISTRASI TENTANG SURAT
(Pedoman Pengurus Komisariat)

A.    Sistematika Surat

Surat-menyurat resmi dengan sistemaitika sebagai berikut:
1.    Kop Surat
2.    Nomor……………..
3.    Lampiran………….
4.    Prihal………………
5.    Alamat surat, “Kepada Yang Terhormat”
6.    Kata pembuka surat, Assalamu’alaikum Wr. Wb.”
7.    Kalimat pengantar, “Salam silaturrahim…………”
8.    Maksud surat
9.    Kata penutup, “Wallahul Muwaffiq illa aqwamit thorieq”
10.    Tempat dan Tanggal pembuatan surat
11.    Nama pengurus organisasi beserta jabatan

B.    Jenis Surat
Untuk Pengurus Koorcab, Cabang, Komisariat dan Rayon
1. Internal (Khusus dan Umum), ditandai dengan kode : 01 ( surat rekomendasi, SK, dll)
2. Eksternal (Umum dan Khusus), dengan kode : 02 ( surat keluar yg bersifat umum)

C.    Jenis Penandatanganan Surat
Untuk Pengurus Komisariat dan Rayon
1.    Jika Penandatangan surat adalah Ketua dan Sekretaris, ditandai dengan kode : A-I
2.    Jika Penandatangan surat adalah Ketua dan Wakil sekretaris, ditandai dengan kode : A-II
3.    Jika Penandatangan surat adalah Wakil Ketua dan Sekretaris, ditandai dengan kode : B-I
4.    Jika Penandatangan surat adalah Wakil Ketua dan Wakil sekretaris, ditandai dengan kode : B-II

Khusus yang berkaitan dengan Masalah Keuangan organisasi :
1.    Jika Penandatangan surat adalah Ketua, Sekretaris dan Bendahara/Wakil Bendahara ditandai dengan kode : C-I
2.    Jika Penandatangan surat adalah Ketua, Wakil Sekretaris dan Bendahara/Wakil Bendahara ditandai dengan kode : C-II




D.    Surat Pengurus Komisariat
Nomor     : 021.PK-X.V-04.21.01-045.A-01.10.2011
021       : nomor urut surat keluar
PK        : pengurus Komisariat
X          : periode ke 10
V-04    : kode Koorcab Jawa timur
21         : kode Cabang Lamongan
01         : jenis surat internal (Umum dan Khusus)
045       : nomor urut surat jenis tersebut
A-01     : ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris
10         : bulan ditetapkannya surat
2011     : tahun Pembuatan Surat

E.    Kode Koorcab/Cabang
Khusus untuk Koorcab dan Cabang mencantumkan kode daerah dan diletakkan setelah kolom tingkat kepengurusan dan periode tingkat kepengurusan. Kemudian untuk komisariat dan rayon cukup menentukan kode cabang yang bersangkutan.
1.    Koorcab/cabang yang berada diwilayah Sumatera ditandai dengan kode : U
2.    Koorcab/cabang yang berada diwilayah Jawa dan Madura ditandai dengan             kode : V
3.    Koorcab/cabang yang berada diwilayah Bali dan nusa Tenggara ditandai dengan    kode: W
4.    Koorcab/cabang yang berada diwilayah Kalimantan ditandai dengan kode : X
5.    Koorcab/cabang yang berada diwilayah sulawesi ditandai dengan kode : Y
6.    Koorcab/cabang yang berada diwilayah Maluku dan Irian Jaya ditandai dengan      kode : Z
Kode Koorcab/Cabang dapat dilihat pada daftar kode alamat Koorcab/cabang PMII

F.    PENUTUP
Pedoman Penyelenggaraan Tertib Administrasi ini akan berfungsi sebagaiman mestinya, jika seluruh anggota dan pengurus disemua tingkatan organisasi berkemauan keras melakukan pedoaman ini secara sungguh-sungguh.